5/25/2020

Letak dan Luas Indonesia


Letak dan Luas Indonesia



Letak dan Luas Indonesia
letak dan luas Indonesia
Letak suatu wilayah menunjukkan posisi suatu wilayah terhadap tempat lainnya. Contoh suatu daerah terletak di pinggiran danau, suatu daerah terletak di pinggir pantai. Karena letaknya di pinggir perairan maka mempengaruhi kegiatan penduduk di daerah itu. Lalu bagaimana letak Indonesia ?, Apa pengaruh letak Indonesia dengan kegiatan ekonomi, iklim, tingkat kesuburan tanah, dan budaya ?. Yukk kita bahas mengenai letak dan luas  Indonesia.

1. Letak Astronimis Indonesia
Letak astronomis adalah letak suatu  wilayah yang ditinjau dari garis lintang dan garis bujur. Yaitu berada 95­ 0 BT – 141 0 BT dan diantara 6 0 LU – 11 0 LS. Jika dilihat dari garis bujur, mempengaruhi kepada pembagian waktu di Indonesia, yang menyebabkan Indonesia dibagi menjadi 3 pembagian waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT), jika dilihat dari garis bujur, seluruhnya negara Indonesia berada di bujur timur, ini alasan Indonesia dijuluki Negara Timur. Jika dilihat dari garis lintang Indonesia, sebagian berada di lintang utara dan sebagian berada di lintang selatan, karena letak garis lintang diatas  maka Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5 0 LU dan 23,5 0 LS.

2. Letak Geografis Indonesia
Letak geografis adalah letak suatu wilayah yang ditinjau dari letak sebenarnya dipermukaan bumi. Letak astronomis menggambarkan daerah-daerah yang berada disekitar suatu wilayah. Jika diperhatikan dalam peta, Indonesia berada diantara 2 benua dan 2 samudra yaitu benua Asia dan benua Australia, dan diantara samudra Hindia dan samudara Pasifik, mengakibatkan Indonesia berada di posisi garis silang, dan wilayah Indosia menjadi persinggahan pedagang-pedangan yang berasal dari Benua Asia dan Benua Australia. Batas wilayah Indonesia juga dapat dilihat dari posisinya yaitu :
- Sebelah Utara                                 : Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan
- Sebelah Selatan                              : Timor Leste, Autralia dan Samudra Hindia
- Sebelah Barat                                 : Samudra Hindia
- Sebelah Timur                                : Papua Nugini dan Samudra Pasifik

3. Letak Geologis Indonesia
Letak geologis adalah letak suatu wilayah yang ditinjau dari susunan batuan pembentuk muka bumi. Berdasarkan letak geologis Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Hindia. Hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki banyak gunung api, keuntungannya Indonesia memiliki keberagaman potensi sumber daya energi dan mineral. Selain menguntungkan letak geologis Indonesia yang demikian juga mengakibatkan Indonesia sering diterjang oleh gempa gunung berapi dan gempa tektonik. Letak dan Luas Indonesia

Luas Wilayah Indonesia

Sesuai dengan data Badan Informasi Geospasial (BIG) bahwa Indonesia terdiri dari daratan seluas 1.922.570 km 2 dan daerah perairan seluas 3.257.483 km 2. Berdasarkan data diatas wilayah Indonesia kurang lebih sama dengan Eropa atau hamper sama dengan Amerika Serikat dan Australia, cukup luas ya wilayah Indonesia yang kita cintai ini. Jika kita lihat perbandingan daratan dengan lautan maka wilayah Indonesia memilki wilayah perairan yang lebih luas dibandingkan dengan daratan, menjadikan Indonesia dijuluki sebagai Negara maritime. 
          

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon