5/20/2020

Lomba Dan Kegiatan Penghargaan Guru 2020 Oleh Kemendikbud

Lomba Dan Kegiatan Penghargaan Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan 2020 Oleh Kemendikbud

Olimpiade Guru Nasional (OGN), Pemilihan Guru Berprestasi (Gupres), Guru Berdedikasi, Seminar Nasional (Semnas), INOBEL, adalah sederatan kegiatan lomba dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, setiap tahun lomba dan kegiatan tersebut banyak diminati oleh Guru dan Tenaga Kependidikan, karena secara keseluruhan dibiayai oleh Kemendikbud, mulai dari penginapan, konsumsi, transportasi, uang saku dan bagi peserta yang beruntung menjadi juara akan memperoleh berbagai hadiah dan fasilitas lainya, sehingga menjadikan kegiatan ini selalu dinanti oleh Guru dan Tenaga Kependidikan.
Olimpiade guru nasional

OGN adalah lomba yang dilaksanakan bagi Guru secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Pada tahun 2019, OGN dilaksanakan dengan dua metode yang pertama metode berjenjang dan melalui online, metode ini untuk memfasilitasi guru-guru yang berada di kabupaten/kota yang tidak melaksanakan Olimpiade guru secara berjenjang, sejumlah 6 orang terbaik seluruh Indonesia dari setiap bidang yang dilombakan. Dari pengalaman penulis pada tahun 2019,  sebagai finalis OGN IPS SMP, masing-masing peserta memperoleh banyak fasilitas misalnya tas, jaket, kaos, flasdisck, uang saku dan berupa uang pembinaan masing-masing Rp.5.000.000,- dipotong pajak dan langsung dikirim ke rekening finalis.
ogn

Pemilihan Guru Berprestasi merupakan ajang lomba bagi guru-guru diseluruh Indonesia yang dimulai dari jenjang kecamatan sampai nasional. Pengalaman penulis mengikuti lomba ini banyak mendapatkan penghargaan yang cukup menarik. Pada tingkat Kabupaten, penulis meraih Juara 1 dan mendapatkan penghargaan untuk melakukan study banding ke kota Yogyakarta untuk belajar bagaimana pendidikan didaerah yang dikunjungi. Peserta terbaik pada tingkat kabupaten akan mengikuti Pemilihan Gupres pada tingkat Provinsi Sumatra Utara, penulis bersyukur karena bisa meraih Juara II, dan mendapatkan hadiah 1 buah laptop.
tips memenangkan lomba

Pada tahun 2017, penulis juga berkesempatan menjadi pemakalah pada seminar nasional yang peserta terdiri dari 250 guru dari hasil seleksi ribuan guru seluruh Indonesia, sama halnya kegiatan ini seluruhnya dibiayai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa.
lomba kemdikbud dibatalkan

Berbagai penghargaan yang diberikan pada membuat guru dan tenaga kependidikan termotivasi untuk mengikuti lomba dan kegiatan yang dilaksanakan Kemdikbud.  Lalu bagaiamana Lomba Dan Kegiatan Penghargaan Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan 2020 Oleh Kemendikbud ? Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Pemberitahuan Pembatalan kegiatan Perlombaan dan Pemberian Penghargaan Tingkat Nasional bagi Guru, Pendidik Lainnya dan Tenaga Kependidikan Tahun 2020, tanggal 19 Mei 2020, disebutkan bahwa kegiatan perlombaan dan penghargaan tingkat nasional bagi guru, pendidik lainnya dan tenaga kependidikan untuk semua jenjang pada tahun 2020, dibatalkan penyelenggaraanya.

Pembatalan Lomba Dan Kegiatan Penghargaan Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan 2020 Oleh Kemendikbud tentu sudah melalui pertimbangan yang matang karena kondisi pandemi Covid-19, semoga covid-19 cepat hilang dari bumi yang kita cintai,agar semua kegiatan dapat kembali normal. Salam sehat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon