6/24/2020

Letak Geografis ASEAN


Letak Geografis ASEAN

Sejarah berdirinya ASEAN (Association of South East Asian Nation ) dimulai berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 tepatnya di kota Bangkok, Thailand yang diprakarsai oleh lima Negara. Cara mudah untuk Negara pendiri ASEAN adalah MISTF yaitu:
M = Malaysia
I = Indonesia
S = Singapura
T = Thailand
F = Filipina.
letak astronomis asean

Saat ini ASEAN sudah beranggotakan 10 Negara yaitu Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Singapura, Brunai Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.
Letak Geografis ASEAN

Letak geografis adalah letak suatu wilayah ditinjau dari letak sebenarnya dipermukaan bumi. Maka jika dilihat dari letak geografisnya maka Negara ASEAN terletak diantara  dua samudra dan dua benua. Yaitu samudra Hindia dan Pasifik. Diantara dua benua yaitu Benua ASIA dan Benua Australia.  Jika dilihat dari letak geografis Negara-negara ASEAN membuat ASEAN berada diposisi yang strategis untun jalur perdagangan dunia. Fakta unik Negara-negara yang berada dikawasan ASEAN, bahwa dari 10 anggota ASEAN hanya Negara Singapura yang merupakan Negara maju.  Terjadinya kerjasama di Negara-negara ASEAN karena persamaan letak geografis yaitu sama berada di kawasan Benua Asia tepatnya di benua Asia Tenggara. Setiap tahunnya dilaksanakan pertemuan pemimpin Negara-negara anggota ASEAN untuk membahas permasalahan ekonomi, sosial dan budaya.
Dapat juga dijelaskan mengenai letak Negara-negara yang anggota ASEAN yaitu :
  1. Negara paling utara adalah Myanmar
  2. Negara paling selatan adalah Indonesia
  3. Negara paling Barat adalah Myanmar
  4. Negara paling Timur adalah Indonesia.

Letak Geografis ASEAN . Negara ASEAN sebagian besar wilayah laut dengan luas sekitar 5.060.100 km 2. Dan luas daratannya adalah kurang lebih 4.817.000 km 2. Fakta unik mengenai Negara-negara anggota ASEAN adalah bahwa Negara Laos tidak memiliki wilayah laut.
Berdasarkan bentuk secara geografis, Negara-negara anggota ASEAN memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Compact yaitu jika diamati dalam peta atau dalam letak sebenarnya seperti lingkaran, contohnya Negara Kamboja
  2. Fragmented yaitu wilayahnya berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah, contohnya seperti Negara kita yaitu Indonesia yang terdiri dari 5 pulau besar yaitu Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Papua dan terdiri dari pulau-pulau kecil lainnya.
  3. Elongated yaitu wilayahnya berbentuk memanjang , jika kita amati dalam peta Negara anggota ASEAN yaitu Vietnam
  4. Protruded yaitu wilayahnya berbentuk lebih kompleks dan beragam, ada yang berbentuk tangan yang memanjang, Jika kita amati yaitu ada Negara Thailand dan Myanmar.

 Demikian penjelasan mengenai mengenai letak geografis ASEAN.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon