9/14/2020

Dinamika Penduduk Benua Asia Dan Benua Lainnya

Tags

 Dinamika Penduduk Benua Asia Dan Benua Lainnya

Halo sahabat belajay yang baik hati rajin menabung, kita bertemu kembali ya. Pada kali ini kita akan membahas mengenai Dinamika Penduduk Benua Asia.Pernah gak sih kamu amati dilingkungan sekitar kamu, jumlah penduduk berubah-ubah ? Lalu apa hubungannya dengan dinamika penduduk ya.

Dinamika Penduduk adalah Perubahan Keadaan penduduk.

Tentunya masih ingat ya apa saja faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk ? Ya ada kelahiran atau natalitas, kematian atau mortalitas dan perpindahan penduduk atau migrasi.

 Dinamika penduduk dapat ditinjau dari jumlah penduduk, persebaran penduduk dan komposisi penduduk.


Komposisi  penduduk disusun dari jenis kelamin, umur, pekerjaan, budaya, etnik dan agama.

 1.       Dinamika penduduk Asia

 Menurut data World Population Data Sheet (WPDS) tahun 2005 penduduk benua Asia berjumlah 3.921.000.000 dan pada tahun 2015 Penduduk Benua Asia berjumlah 4.397.000.000 artinya penduduk benua Asia mengalami kenaikan jumlah penduduk sebesar 476.000.000 dalam waktu 10 tahun.

 Persebaran penduduk benua Asia tidak merata,  dengan penduduk terbesar yaitu China, India dan Indonesia.

 Berdasarkan data WPDS tahun 2015 usia produktif adalah 15 s.d. 65 tahun.  Dan benua  Asia memiliki penduduk usia  produktif sebanyak  67 % dari  seluruh jumlah penduduk.

 Berdasarkan Indikator Human Development Index (HDI) kulitas penduduk benua Asia bervariasi . Jepang, Korea Selatan, Singapura Brunei Darussalam, China Arab Saudi adalah Negara dengan kualitas penduduk tinggi.  Dan Nepal adalah kategori Rendah.

 Komposisi penduduk Benua Asia berdasarkan ras dibagi menjadi 3 yaitu :

1.       Ras Mongoloid

2.       Ras Kaukasoid

3.       Ras Negroid

Berikut persebaran ras di benua Asia

1.       Asia Utara dan asia Tengah, ras kaukasoid dan Europoid

2.       Asia Timur dan tenggara Ras Mongoloid

3.       Asia Selatan Bagian tengah Ras Kaukasoid

4.       Asia Selatan bagian selatan ras negroid

5.       Asia Barat  Bagian selatan Ras negroid

6.       Asia Kecil Asia Barat bagian utara Ras Kaukasoid dan Ras Negroid

Benua Asia merupakan tempat lahirnya agama besar di dunia seperti Hindu, Sikh, Konfusianisme, Taoisme, Shinto, Buddha, Islam , Kristen Dan Yahudi.

 Asia kaya akan karya seni, Porselen, keramik, kaligrafi, lukisan, peralatan dari gelas dan metal, tekstil dan arsitektur.

 Demikian penjelasan mengenai Dinamika Penduduk Benua Asia, sampai jumpa pada video berikutnya. Terimakasih. Salam Sehat

 Benua Amerika

Halo sahabat belajar, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga kabar baik ya.  pada video kali ini kita membahas mengenai Dinamika Penduduk Benua Amerika, Jika sebelumnya kita sudah belajar Dinami penduduk Benua Asia, dan sudah dijelaskan mengenai pengertian dinamika penduduk, Maka langsang saja kita membahas seperti apa ya dinamika Penduduk Benua Amerika ?

Pada tahun 2005 penduduk benua amerika 888.000.000 jiwa, pada tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 987.000.000 jiwa. Pertumbuhan penduduk di benua Amerika tergolong rendah hanya 0,9 %.

Sebaran penduduk di benua amerika tidak merata,  sebaran penduduk benua Amerika terpusat di Amerika bagian Timur dab barat Amerika serikat, Amerika tengah dan Karibia.

Penduduk Benua Amerika 66 % nya adalah berusia Produktif. Selebihnya usia belum produktif  ( 24 %) dan sudah tidak produktif (10 %)

Kualitas penduduk benua Amerika bervariasi. Amerika Serikat, Kanada, Argentina, dan Cjille adalah Negara dengan kualitas penduudk tinggi.  Paraguuay, Bolivia adalah Negara dengan kualitas penduduk sedang.

Suku Indian, Eskimo adalah suku asli Amerika.

Benua amerika banyak didatangi penduduk dari berbagai benua di dunia yang terdiri dari tiga ras utama yaitu  Ras negroid dari Afrika, ras mongoloid dari Asia, Ras Kaukasoid dari Eropa.

Budaya di Benua Amerika dibagi menjadi  Budaya Amerika Utara dan Amerika Selatan. Amerika utara terdiri atas Amerika Serikat dan Kanada. Jeans, Sepatu, Baseball, topi cowboy, sepatu boats merupakan bagian dari budaya benua Amerika.

Hamburger, Hotdog, keripik kentang, macaroni merupakan bagian dari budaya makanan benua Amerika.

Adapun bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Inggris.  Selain itu juga menggunakan Bahasa spanyol, Mandarin, Perancis dan Jerman.

Agama Kristen adalah agama mayoritas di Amerika Serikat  yaitu 83 %, sisanya ada Agama Yahudi dan Islam.

Selain Budaya Amerika Utara terdapat juga budaya Amerika Selatan dan Amerika Latin. Amerika selatan didominasi oleh agama Katolik Roma. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Portugis dan Spanyol.

Tarian Samba dari Brazil, Tango dari Argentina dan Uruguay, dan Cumbia dari Kolombia.

Demikian penjelasan  Dinamika Penduduk Benua Amerika !

Sampai jumpa pada video pembelajaran berikutnya Trimakasih, sampai jumpa !

 

 

 


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon