9/14/2020

Dinamika Penduduk Indonesia

 

Dinamika Penduduk Indonesia
Sahabat belajar tentu diantara kamu ada  yang sudah pernah ke Jakarta ya ? atau justru kamu tinggal di Jakarta. Buat kamu yang tinggal di  Kota Jakarta, pernah nggak sih merasa kalau kota Jakarta sangat padat penduduknya? Atau bahkan yang tinggal di Medan, Surabaya, Bandung, Jogja, Makassar, Palembang, Pontianak, juga sama?

Kalau dipikir-pikir ada berapa banyak sih penduduk di Indonesia ? Mari kita cari tau…

1.      Jumlah Penduduk

    Menurut data World Population Data Sheet (WPDS) 2015, Jumlah Penduduk Indonesia menempati urutan keempat di dunia setelah Cina ( 1.372. juta jiwa), India (1.314. juta jiwa), Amerika Serikat (321.000.000 jiwa) dan Indonesia 256.000.000 JIwa. Wah cukup banyak ternyata ya penduduk Indonesia.  Upss apa ya dampak jika penduduk suatu Negara cukup banyak ? Jumlah penduduk yang banyak ibarat pisau bermata dua. Menjadi keuntungan jika penduduknya produkstif, namun menjadi kerugian jika penduduk itu memiliki kualitas yang rendah. Dinamika Penduduk Indonesia

2.      Persebaran Penduduk Indonesia

Persebaran penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk disuatu wilayah atau Negara. Dapat dikenali dari kepadatan penduduk.

Berikut data persebaran Penduduk Di Indonesia

No

Pulau

Persentase Jumlah Penduduk

1

Jawa

58 %

2

Sumatra

21 %

3

Sulawesi

7 %

4

Kalimantan

6 %

5

Bali

6 %

6

Papua

3 %

 

Pulau Jawa adalah pulau yang paling banyak penduduknya ini dipengaruhi karena memiliki tanah yang subur dan telah lama berkembang.

3.       Komposisi Penduduk

Adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur, Jenis kelamin, Mata Pencaharian, agama, bahasa, tempat tinggal.  Komposisi penduduk ditampilkan dalam bentuk grafik yang dinamakan piramida penduduk. Grafik ini nantinya bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan atau kebijakan oleh pemerintah, lho! Bentuk piramida penduduk ada tiga, yaitu ekspansif, konstruktif, dan stasioner.

 4.       Berikutnya Pembahasan Mengenai Pertumbuhan Dan Kualitas Penduduk Kualitas penduduk.

Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan penduduk dibagi menjadi dua, yaitu faktor alami dan nonalami.

Faktor alami terdiri dari kelahiran (natalitas) dan kematian (mortalitas). Kelahiran menyebabkan pertambahan jumlah penduduk, sedangkan kematian menyebabkan pengurangan. Faktor nonalami ialah adanya perpindahan penduduk (migrasi). Pada migrasi penduduk bertambah atau berkurang karena dilakukan dengan sengaja.

 sebagai sumber daya manusia adalah tingkat kemampuan penduduk dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraannya. Suatu negara yang berpenduduk banyak tidak akan mendapat manfaat apapun jika kualitas penduduknya masih rendah. Untuk itu ayokk kita  berusaha agar kualitas penduduk kita meningkat, ya! Berikut factor utama penentu kualitas Penduduk suatu Negara:

1.       Pendidikan. Tingkat pendidikan tinggi mampu menggambarkan kemampuan penduduk dalam menguasai iptek sehingga mampu mnegolah sumber daya alama

2.       Kesehatan, Jika kesehatan baik, maka akam tercipta produktivitas yang baik

3.       Ekonomi, atau Pendapatan perkapita penduduk yaitu pendapatan rata-rata tiap penduudk pertahun.

5. Keragaman Etnik dan budaya

Menurut Konjaraningrat  Suku Bangsa Berarti sekelompok manusia yang mempunyai kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut, sehingga menjadi identitas.

Menurut Data Badan Pusat Statistik Tahun 2010 di Indonesia terdapat 1.128 Suku bangsa. Cukup beragam ya, walaupun kita berbeda suku tetapi harus satu jua ya, yaitu NKRI.

Seluruh penduduk Indonesia adalah sumber daya manusia yang penting bagi negara. Namun, untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kita perlu memperhatikan tingkat pendidikan, kesehatan, dan perekonomian sejak dini. Untuk itu mari belajar dengan sungguh-sungguh ya. Sampai disini pembelajaran kita, sampai jumpa , terimakasih. Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon