9/15/2020

Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang

 

Halo sahabat belajar yang baik hati dan suka menghemat energi, bagaiaman kabarnya ? semoga sehat selalu ya dan tetap semangat untuk belajar.



Sahabat belajar,  jika kamu berangkat kesekolah naik  alat transportasi apa ya ? Ada yang naik sepeda motor, naik angkutan kota, naik perahu ,becak  atau ada yang naik delman ? Wah seru ya jika ke sekolah naik delman. Setiap alat transportasi tentunya memiliki  keunggulan dan kelemahan.

Seiring perkembangan peradaban manusia, alat transportasi dan komunikasi juga memgalami perkembangan. Seperti apa  ya Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang. Mari kita belajar Pengaruh Perkembangan Ilmu Dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang . Sahabat belajar adapun teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah 1. Teknologi Transportasi, 2. Teknologi Komunikasi

Mari kita mulai membahas   Teknologi Transportasi ,

Teknologi transportasi digunakan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat yang lain.  Ilmu dan pengetahuan terus berkembang begitu juga alat transportasi terus mengalami perubahan baik tingkat kenyamanan, kecepatan dan keamanan.  Kereta cepat monorel, pesawat terbang,  kapal laut terus mengalami perbaiukan demi kenyamana penumpangnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi transportasi berdampat terhadap perubahan aktivitas manusia. Jumlah penduduk yang perjalanan antarnegara di ASEAN mengalami peningkatan.

Perkembangan sarana transportasi membutuhkan ruang sebagai sarana dan prasarana. Pembangunan prasarana transportasi akan mengubah kondisi ruang disuatu Negara. Misalkan lahan pertanian, hutan diubah menjadi jalan, terminal, Bandar udara.  Inilah yang menjadi pengaruh perkembangan teknologi transportasi terhadap perubahan ruang, yang sebelumnya lahan pertanian, pemukiman, atau hutan berubah ruang menjadi jalan tol, Bandar udara, terminal dan sarana transportasi yang lainnya. Cukup mudah ya sahabat belajar memahai pengaruh perkembangan teknologi transportasi terhadap perubahan ruang.

Mari kita lanjutkan dengan yang kedua yaitu Teknologi Komunikasi

Komunikasi merupakan cara manusia saling berhubungan atau berinteraksi. Teknologi komunikasi mermungkinkan informasi dapat menyebar luas dalam waktu singkat. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi memngurngi jarak dan waktu, Jadi ruang satu dengan yang lainya serasa lebih dekat dengan adanhya  kemamjuan teknologi komunikasi misalanya video conference.

Tentunya membangun sarana teknologi komukasi juga dapat mengubah ruang misalkan pembangunan menara pemancar jaringan yang dulunya lahan pertanian menjadi temapt menara pemancar jaringan sehingga mengubah ruang suatu wilayah,

 

Sahabat belajar Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Perkembangan Ilmu Dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang, sampai jumpa pada video pembelajaran berikutnya, semoga bermanfaat, terimakasih.

Halo sahabat belajar, yang baik hati dan suka berinteraksi, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga kabar baik ya !!!  Pada video kali ini kita akan membahas mengenai UpayaMeningkatkan kerjasama di antara Negara- Negara ASEAN.

Sebuah kerjasama perlu adanya dorongan antara lain  : Kekompakan, konsistensi, keterbukaan antar pihak yang melakukan kerjasama, rasa kekitaan (we feeling), kesetiakawanan sosial,saling menghormati, serta dinamis dalam melakukan kerjasama.

Upaya meningkatkan kerjasama antarnegara-negara ASEAN telah terbangun melalui tiga pilar yaitu :

1.       Kerjasama dalam bidang Politik -keamanan

2.       Kerjasama dibidang ekonomi

3.       Kerjasama dibidang sosial budaya

 

Mari kita bahas satu persatu mengenai 3 Pilar tersebut :

 

1.       Pilar  Politik Keamanan

ASEAN berupaya meningkatkan kualitas pelayanan umum yaitu peningkatan kemampuan pemerintah dan pelibatan masyarakat madani (civil society) dalam pengambilan keputusan.

 

2.       Pilar  Sosial budaya

Masyarakat ASEAN bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaaan dan kesejahteraan masyarakat. ASEAN juga berkomitmen membuat jalan yang seluas luasnya bagi seluruh penduduk di Negara anggotanya di berbagai bidang  seperti pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan. Serta lingkungan hidup.

 

3.       Pilar  ekonomi

Pada pilar ekonomi, pertumbuhan Indonesia masih yang tertinggi dan produk kreatif yang dihasilkan memiliki daya saing yang cukup bagus. Koperasi dapat dijadikan program menarik karena sektor menengah ke bawah adalah salah satu komponen penunjang ekonomi.


Demikian penjelasan mengenai materi upaya-upaya meningkatkan kerjasama di Antara Negara-negara ASEAN.

 Sampai jumpa pada video berikutnya terimakasih, salam sehat….


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon