10/09/2020

Bentuk-Bentuk Globalisasi

 

Bentuk-Bentuk Globalisasi

Halo sahabat belajar, kita bertemu kembali nih. Bagaiaman kabar kalian ? semoga sehat selalu dan jangan lupa melakukan 3M , yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan.



Pada  kali ini kita akan belajar mengenai Bentuk-Bentuk Globalisasi.

Globalisasi ditandai dengan persamaan dalam berbagai bidang kehidupan di semua Negara di dunia. Globalisasi telah melanda berbagai bidang kehidupan.  Mari kita bahas satu persatu :

Yang Pertama

1.       Globalisasi Dalam bidang Budaya

Globalisasi bidang budaya meliputin nilai, lembaga, simbol, alat atau pakaian.  Globalisasi dalam budaya memberikan manfaat misalnya nih memperkaya budaya bangsa. Salah satu contoh Globalisasi budaya yaitu dalam hal bahasa. Bahasa Inggris adalah salah satu contoh bahasa Dunia. Namun diberbagai Negara di dunia orang mempelajari bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Budaya global akan masuk ke Negara mana saja yang mengikuti arus globalisasi. Bisa kita amati dibeberapa Hotel Internasional bisa kita temukan budaya-budaya lokal misalnya Ondel-ondel, Sepeda Ontel. Inilah bentuk Globalisasi dibidang Budaya.

 

Untuk Yang kedua adalah

2.       Globalisasi Bidang Komunikasi

Awalnya masyarakat Indoensia berkomunikasi dengan cara tradisional, kemudian mengalami perkembangan dalam teknologi telepon, hanphone, internet serta media sosial.  Sehingga komunikasi tidak lagi hanya tatap muka namun beralih menjadi tatap maya. Berbagai berita dan kejadian mudah dan cepat menyebar seperti tidak ada batas karena kemajuan teknologi komunikasi. Bentuk-Bentuk Globalisasi

Dan yang ketiga adalah

3.       Globalisasi Bidang Ekonomi.

Dalam globalisasi ekonomi, berbagai Negara didunia menjadi pasar yang satu tanpa batas dan semakin menyatu tanpa mengenal batasan teritorial dan kewilayahan. Masyarakat dengan mudah memperoleh barang dari luar negeri. Perdagangan bebas merupakan bagian dari globalisasi dalam bidang ekonomi.

 Kita lanjut yang keempat yaitu :

4.       Globalisasi Dalam bidang IPTEK

Kemajuan di bidang IPTEK menjadikan hubungan manusia dengan manusia lain seakan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapan dan dan dimana saja manusia dengan mudah menjalin dan mendapatkan informasi. IPTEK telah memberikan kemudahan dalam pergaulan kehidupan manusia

5.       Globalisasi Dalam Bidang Transportasi

Transportasi adalah pemindahan barang, atau manusia dari tempat satu ketempat lain. Globalisasi transportasi dapat kita contohkan di Negara jepang, Dimana transportasi di Negara Jepang yang canggih membuat batas-batas antar Negara menjadi lebih dekata seperti tidak ada batas.

Globalisasi dalam berbagai bidang terus berkembang , nah untuk sahabat belajar coba kamu jelaskan mengenai manfaat globalisasi transportasi dalam bidang ekonomi, silahkan di tulis di kolom komentar ya, dan bagi yang belum jelas boleh juga ditulis komentar ya, Sahaabat belajar demikian penjelasan mengenai bentuk-bentuk globalisasi. Sampai jumpa pada video pembelajaran berikutnya, terimaksih samapai jumpa… Bentuk-Bentuk Globalisasi

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon