10/13/2020

Dampak Negatif Globalisasi

Tags

 

Dampak Negatif Globalisasi

Produsen luar negeri banyak menawarkan produknya dengan harga lebih murah, mengakibatkan melemahnya kemampuan daya saing barang produksi lokal. Hal tersebut diatas merupakan salah satu dampak dari Globalisasi. Globalisasi merupakan peluang bagi suatu Negara namun dapat juga menjadi ancaman. Jadi kita harus tetap wasapa ya ? Untuk mengetahui aoa saja dampak negative globalisasi, mari kita ikuti pembahasannya sebagai berikut :

 

1.       Westernisasi

Westernisasi adalah suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilanagan nasionalisme dengan meniri atau melakukan aktivitas kebarat-baratan. Gaya hidup hedonism, gaya rambut keprang-pirangan, suka pergi ke klub malam, dugem adalah contoh perilaku Westernisasi. Ingat Westernisasi, Globalisasi dan Modernisasi adalah hal berbeda. Kurang kesadaran masyarakat memilih budaya yang baik atau buruk adalah salah satu penyebab Westernisasi. Untuk itu mulai sekarang kita terapkan ACI yaitu Aku cinta Indonesia, cinta budaya dan cinta produk buatan Indonesia.

2.       Demoralisasi

Demoralisasi adalah penurunan moral. Demoralisasi yang banyak kita jumpai antara lain, pembunuhan, pencurian, korupsi dan pergaulan bebas. Dampak Negatif Globalisasi

3.       Kesenjangan Sosial Ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi adalah perbedaan yang tajam antara satu kelompok dengan kelompok yang lain dalam bidang sosial ekonomi.

Hal ini terjadi karena pembangunan dan modernisasi tidak dilaksanakan secara merata dan berimbang.

4.       Kriminalitas

Dari hari ke hari media massa baik cetak, online ataupun media elektronik lainnya didominasi oleh berita kriminal. Kejahatan lintas Negara salah satu ancaman serius dalam keamanan global.  Kriminalitas juga sebagai akibat dari kehidupan pada era globalisasi.

5.       Pencemaran Lingkungan

Masuknya perusahaan asing dan pembangunan sebagai proses dari globalisasi. Telah membawa perubahan pula dalam lingkungan alam dan jika pembangunan tidak dibarengi dengan analisis masalah dan dampak lingkungan (AMDAL) dapat menimbulkan malapeta ka yaitu pencemaran lingkungan.

6.       Kenakalan Remaja

Diantara sahabat belajar adakah yang suka mencoret-coret fasilitas umum atau disebut dengan Vandalisme ? Wah..Semoga tidak ada ya … Karena mencoret-coret fasilitas umum  sama juga dengan merusak.  Globalisasi juga berdampak terhadap munculnya kenakalan remaja, semoga diantara kalian tetap mematuhi peraturan yang berlaku , karena kenakalan remaja diartikan sebagai perbuatan anak remaja yang berlawanan dengan ketertiban umum yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian bagi pihak lain

7.       Individualisme yang semakin tinggi

Individualsendiri dan tidak mau tahu urusan atau kepentingan orang lain.  Diantara sahabat belajar adakah yang pernah asyik sendiri menggunakan hanphone tanpa memperhatikan keadaan di sekitranya ? Hal tersebut juga termasuk individualism loh…

 

Nahh, sudah pahamkan berbagai dampak negataif dari munculnya globalisasi ?

Globalisasi dalam berbagai bentuk terusss berlangsung, untuk itu mari kira bekali diri kita dengan ilmu pengetahuan serta sikap mencintai produk Indonesiaa agar terhindar dari dampak negative Globalisasi.

Untuk bahan latihan bagi sahabat belajar, coba kamu berikan pendapatmu  bagaimana seharusnya sikap  yang  harus dimiliki seorang pelajar atau anak remaja terhadap kemajuan alat komunikasi yang terus menerus berkembang dan berpotensi meningkatkan individualisme. Boleh ditulis kolom komentar ya… Dan bagi yang belum subscribe silahkan disubscribe dan tekan tanda lonceng nya. Demikian penjelasan mengenai Dampak Negatif Globalisasi, sampai jumpa pada  pembelajaran berikutnya, terimakasih. Dampak Negatif Globalisasi

as

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon