10/04/2020

Pembahasan Asesmen Kompetensi Minimum

 Halo sahabat belajar, bagaimana kabarnya ? Semoga sehat selalu ya…

Taukah sahabat belajar terhitung mulai  tahun 2021, Ujian Nasional  tidak diadakan lagi !

Lalu apa pengganti Ujian Nasional  tersebut ? Mari kita ikuti penjelasannya .  sebelum kita lanjut bagi yang belum subscribe, boleh disubscribe dulu ya… Terimakasih.

Sesuai dengan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan melalui  Badan Penelitian Dan Pengembnagan Dan Perbukuan tanggal 16 September 2020.

Sebagai Pengganti Ujian Nasional Akan Diadadakan Asesmen Nasioanl yang terdiri dari  



1.       Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

2.       Survei Karakter (SK)

3.       Survei Lingkungan Belajar

Untuk tahun 2021 Ujian Nasional diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Lalu apa Tujuan diadakan Asesmen itu ?

Tujuan Asesmen Nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dilakukan untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan (sekolah) dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan Kualitas belajar mengajar. Yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa.

Sahabat Belajar Asesmen Nasinal dilaksanakan  di semua sekolah dengan responden yaitu

Sebagian Murid,  Semua Guru dan Semua Kepala Sekolah. Murid yaitu kelas 5 Utk SD, Kelas 8  utk SMP dan Kelas 11 untuk SMA?SMK sederajat, Untuk tingkat SD yang mengikuti AKM Maksimal 30 murid Untuk tingak SMP/SMA/SMK, 45 Murid setiap sekolah.  

Adapun peserta yang mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum akan dipilih secara acak oleh Kemdikbud untuk menjadi responden.  Tes dan Kuisioner murid diadministrasi menggunakan computer dalam kondisi terawasi. Secara daring atau full online kecuali untuk sekolah tertentu

Selain murid guru  dan Kepala Sekolah SD,SMP dan SMA/SMK Sederajat  akan dilibatkan dalam mengikuti asesmen . Yaitu Survey Lingkungan Belajar. Semua guru dan kepala sekolah mulai dari tingkat SD s.d SMA sederajat  menjadi responden. Guru dan kepala sekolah diberi waktu 2 minggu untuk mengisi kuisioner. Dilakukan secara daring tanpa pengawas artinya guru dan kepala sekolah melakukanya secara mandiri dengan daring

Kemudian Apa saja yang diukur dalam Asesmen Nasional ???

Untuk Murid  yang diukur adalah Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter

AKM untuk murid terdiri dari  :

1. Literasi Membaca yaitu mengukur kemampuan  untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangakn kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribui secara produktif dimasyrakat

2.Numerasi yaitu mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Negara Indonesia dan dunia.

Selain AKM bagi murid akan dilakukan Survey Karakter yaitu Profil pelajar Pancasila yang meliputi Beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, berkebinekaan global

Adapun rencana pelaksanaan yaitru Maret 2021 utk SMP,SMA sederajat dan  Agustus 2021 untuk SD sederajat. Dan  Jika dilaksanakan 4 hari, maka untuk AKM dilaksanakan hanya 2 hari.

Demikian penjelasan singkat mengenai Asesmen Nasional. Sampai jumpa pada artikel edukasi selanjutnya. Terimasih semoga bermanfaat !

 

 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon